Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan

Tema dan logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014 telah ditetapkan oleh UNEP (United Nations Environment Programme; Badan Lingkungan Hidup Dunia). Dalam penyelenggaraannya di tahun 2014 ini, tema yang diangkat dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) terkait penetapan tahun 2014 sebagai International Year of Small Island Developing States (SIDS; Tahun Internasional untuk Pulau Kecil Negara Berkembang) yang terkait dengan dampak perubahan iklim.

Pada tahun ini, UNEP melakukan voting pemilihan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dari lima tema yang diangkat, pada penutupan voting (5 Maret 2014) tema “Raise your voice, not the sea level” terpilih menjadi tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014.

Untuk tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun-tahun sebelumnya, baca : Tema Hari Lingkungan Hidup Tahun ke Tahun.

logo-hari-lingkungan-hidup-2014

Pulau kecil di negara-negara berkembang menjadi kawasan paling terdampak pemanasan global. Kawasan ini paling rentan akan bencana banjir maupun badai sebagai imbas dariglobal warming. Termasuk jika permukaan air laut mengalami kenaikan akibat pemanasan global.

Hari Lingkungan Hidup sendiri merupakan peringatan lingkungan hidup terbesar yang puncak acaranya diperingati setiap tanggal 5 Juni. Kegiatan ini menjadi sarana bagi PBB untuk merangsang kesadaran publik seluruh dunia akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup.

Di Indonesia pun Hari Lingkungan Hidup menjadi kampanye terbesar yang dikoordinasikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Dalam pelaksanaannya, pemerintah biasanya akan mengadopsi tema dan logo yang ditetapkan UNEP. Tentunya dengan beberapa penyesuaian berdasarkan kondisi dan situasi di tanah air.