Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan
jaelani
just test bro :p
Thursday, 26 October 2017

Hari ini 42

Kemarin 79

Minggu ini 284

Bulan ini 42

Keseluruhan 27082

Currently are 6 guests and no members online

  • KLIK UNTUK DOWNLOAD
Selamat Datang di Website Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan

Capsula Mundi Kantong Kubur Organik Kamu Tetap Berguna Meskipun Telah Tiada 2 819x1024Musibah banjir, suhu yang makin panas, polusi udara, menjadi masalah yang rumit dewasa ini. Berkurangnya ruang terbuka hijau sebagai wilayah serapan air, ditebangnya pohon penahan laju air, menjadi salah satu penyebabnya.

Mensiasati hal tersebut, terdapat sebuah terobosan dalam pemanfaatan lahan serta penanaman pohon.

Penemuan baru telah diciptakan untuk memungkinkan jasad manusia menjadi pupuk tanaman. Dua orang asal Italia, Anna Citelli dan Raoul Bretzel adalah penggagas proyek itu.

Capsula Mundi adalah sebuah peti mati berbentuk capsul yang nantinya bakal "ditanam" di dalam tanah. Namun di bagian atas kapsul peti mati tersebut diberi sebuah pohon. Pohon akan terus tumbuh dan mengakar, akarnya akan menembus kapsul yang terbuat dari Starch Plastic (plastik ramah lingkungan) dan mengambil nutrisi dari jasad manusia yang terdapat di dalamnya.

Mereka yang dikebumikan di dalam capsula mundi, bakal diposisikan mirip dengan janin dalam rahim ibu. Hal itu membuat kapsul peti mati tidak menghabiskan banyak tempat.

Jika sebuah pemakaman capsula mundi dibangun, maka dalam waktu beberapa tahun pemakaman yang biasanya dipenuhi batu nisan keras, bakal berubah menjadi sebuah hutan lebat yang pastinya bermanfaat bagi lingkungan.

Teknologi terbaru itu memang masih sebatas wacana. Namun Anna Citelli dan Raoul Bretzel  sedang berusaha untuk membuat impiannya terwujud. Keduanya sedang mengajukan proyek Capsula Mundi kepada pemerintah Italia.

Waaaaah...kira-kira bisa di aplikasikan di Indonesia ga yah Sobat Hijau?

 maxresdefault