Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan
jaelani
just test bro :p
Thursday, 26 October 2017

Hari ini 20

Kemarin 64

Minggu ini 20

Bulan ini 3810

Keseluruhan 26145

Currently are 6 guests and no members online

  • KLIK UNTUK DOWNLOAD
Selamat Datang di Website Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan

Pagi hari ini Senin (08/06/2020) Ibu-ibu petugas taman melakukan penyulaman tanaman di Taman Segitiga Emas. Tanaman berjenis bayam merah yang memiliki warna yang indah dan perawatannya yang mudah menjadi pilihan sebagai tanaman hias

Bayam merah sangat menyukai jika ditanam di tempat terbuka dan mendapatkan banyak sinar matahari, warna daunnya akan merah menyala. Akan tetapi, jika ditanam di tempat yang kurang mendapatkan penyinaran matahari atau tempat rindang maka warna daunnya akan buram dan kusam

WhatsApp Image 2020 06 12 at 08.48.52

Tanaman bayam merah berbentuk perdu, pertumbuhannya sangat cepat atau mudah dikembangbiakkan. Tinggi batangnya dapat mencapai sekitar 1,5 meter. Memiliki bentuk daun yang bulat telur atau oval. Bunganya yang cukup indah tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan. Ukuran bunganya kecil, dengan warna putih kekuning-kuningan, pada umumnya bunga tersebut akan muncul pada ujung atas batang atau sering juga muncul dari ketiak daunnya.

Bayam merah terkadang ditanam sebagai batas taman, atau ada juga yang ditanam di sisi jalan. Secara alami, bayam merah berkembangbiak dengan menggunakan biji, tetapi para penggemar bunga hias umumnya memperbanyak tanaman ini dengan stek batang

Selain mudah dalam budidaya dan perawatan ternyata bayam merah sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut ini adalah beberapa potensi manfaat bayam merah yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Menjaga kesehatan pembuluh darah
    Sebuah penelitian menggunakan ekstrak bayam merah yang mengandung nitrat oksida, dilakukan guna menguji efek sayuran tersebut pada kinerja tubuh setelah olahraga, kesehatan pembuluh darah, dan kelancaran aliran darah.

    Penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak bayam merah mampu merangsang pembentukan nitrat oksida alami di dalam tubuh. Efek ini terlihat dapat memperbaiki kelenturan pembuluh darah, membantu memperlancar aliran darah, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menurunkan tekanan darah meski dalam jumlah sedikit.
    Hanya saja penelitian ini masih terbatas pada studi berskala kecil. Untuk memastikan efek bayam merah untuk kesehatan pembuluh darah dan potensinya sebagai obat, masih diperlukan studi ilmiah lebih lanjut.
  • Memiliki sifat antikanker
    Manfaat bayam merah lainnya adalah untuk melawan penyakit kanker. Berdasarkan penelitian di laboratorium, ditemukan bahwa ekstrak bayam merah yang memiliki antioksidan tinggi bisa menghambat pertumbuhan sel kanker .Sayangnya temuan ini butuh dikaji lebih lanjut karena masih terbatas pada hasil penelitian di laboratorium, dan belum teruji secara klinis pada manusia.
  • Membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah.
    Selain menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta melawan kanker, bayam merah juga diduga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah. Sebuah penelitian terhadap tikus memperlihatkan bahwa bayam merah dapat mengurangi kadar gula darah, trigliserida, dan kolesterol. Akan tetapi, manfaat bayam merah yang satu ini belum teruji pada manusia, sehingga masih belum dapat digunakan sebagai pengobatan.