Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan
jaelani
just test bro :p
Thursday, 26 October 2017

Hari ini 23

Kemarin 64

Minggu ini 23

Bulan ini 3813

Keseluruhan 26148

Currently are 9 guests and no members online

  • KLIK UNTUK DOWNLOAD
Selamat Datang di Website Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan

penyiangan 1Grobogan - Simbiosis amensalisme adalah hubungan antara dua organisme yang merugikan salah satu pihak dan pihak lainnya tidak merasa dirugikan atau diuntungkan.

Seperti halnya rumput yang tumbuh pada pekarangan di sekitar tumbuhan lainnya. Rumput semakin tumbuh dan bereproduksi secara cepat dalam satu wilayah. Sehingga kebutuhan makanan tumbuhan lain seperti unsur hara tidak terpenuhi, ini mengakibatkan tumbuhan tidak mendapat nutrisi yang cukup sehingga tumbuhan tumbuh kerdil ataupun mati.

Hal ini disebabkan oleh rumput mengeluarkan senyawa yang beracun. Senyawa tersebut akan mengakibatkan tumbuhan di sekitarnya akan mengalami hambatan dalam perkembangan dan pertumbuhan.

Penyiangan merupakan suatu kegiatan mencabut gulma yang berada di antara sela-sela tanaman dan sekaligus menggemburkan tanah. Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada suatu lahan.

Pagi hari ini Selasa (30/06/2020) dilakukan kegiatan pencabutan rumput di Taman Tugu Adipura Nglejok.

Taman yang berlokasi Jl. Gajah Mada, Porong, Kuripan, Kec. Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah tersebut memang sedang dilakukan oembenahan agar lebih tertata rapi dan menarik.

Tumbuhan Bunga Kancing dipilih untuk mengisi salah satu spot  di taman tersebut.

Tanaman bunga kancing (Gomphrena globosa) adalah salah satu tanaman hias yang banyak tumbuh di halaman rumah. Nama lain dari bunga ini adalah bunga kenop, kembang puter, ratna pajaka, dan taimantulu. Bunga kancing masih tergolong dalam famili Amaranthaceae (bayam) sehingga di beberapa daerah daunnya sering dibuat sup.

Tanaman bunga kancing/bunga kenop (Gomphrena Globosa) atau diluar negeri dikenal sebagai globe amaranth adalah salah satu bunga yang sangat mudah tumbuh. Tanaman berbunga mungil ini aslinya berasal dari Panama, Brazil dan Guatemala, Amerika.

Seperti namanya, tanaman ini menghasilkan bunga berbentuk kancing/globe bernuansa ungu, pink, merah, magenta, biru, orange, lavender hingga putih. Bunga kancing sangat cocok dijadikan sebagai bunga potong dan rangkaian bunga karena batangnya yang panjang. Tinggi tanaman sekitar 25-45 cm.

Setiap tanaman bunga kancing mampu menghasilkan puluhan kepala bunga yang mencolok. Tanaman yang menyukai paparan sinar matahari ini mampu menarik perhatian kupu-kupu dan lebah. Meskipun berasal dari Benua Amerika namun bunga kancing dengan mudah tumbuh di Indonesia, yang paling lumrah ditemukan adalah bunga kancing berwarna ungu.