Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan

Menjelang Hari Raya Idul AdJuliha, pasti tidak terlepas dengan momen pembagian daging  kurban. Nah biasanya untuk wadahnya sendiri biasanya menggunakan kantong plastik, kalau begitu bisa menyebabkan tumpukan sampah plastik dan mencemari lingkungan dong? Padahal para pakar memperkirakan setidaknya dibutuhkan waktu selama 500 tahun hingga 1.000 tahun untuk terjadinya penguraian sampah plastik. Gimana yaa solusinya?


Nah #SobatHijau admin punya solusi yang tepat untuk mencegahnya nih, adapun solusi yang diberikan :
1. Masyarakat membawa sendiri wadah dari rumah yang dipakai ulang untuk mewadahi daging kurban;
2. Mengganti kantong plastik yang biasanya digunakan untuk wadah daging dengan daun (pisang, daunjati, dll), wadah anyaman bambu (besek), atau wadah yang dapat digunakan ulang atau yang tidak menimbulkan sampah plastik.



Sebenarnya dari sini kita dapat belajar atau berlatih dengan mengurangi ketergantungan dengan "plastik". Misal belanja membawa tas belanja yang bisa dipergunakan ulang, membeli minum dengan membawa tumbler atau hal kecil lainya yang bisa dimulai sejak dini. Hal itu bisa menjaga bumi kita dari sampah-sampah plastik yang semakin hari semakin ngeri dan kita dapat menjaga keseimbangan ekosistem dengan hal demikian.

Yuk kita jaga budaya yang baik ini dengan STOP SAMPAH PLASTIK🚫 kita jaga dan lindungi keasrian bumi kita 🌎

Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan ya