Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan

GROBOGAN – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan menghadiri kegiatan Kongres Sampah 2 yang kegiatannya diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Juli 2022 sampai dengan hari Minggu, 27 Juli 2022. Berlangsung secara hybrid, dimeriahkan oleh 35 Kabupaten di Jawa Tengah yang mengirimkan perwakilan tamu undangan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kader Lingkungan berlokasi di Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Acara tersebut juga dihadiri secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan lantas membagi 2 (dua) peserta tamu undangan, yaitu secara hybrid. Dalam artian acara tersebut, Dinas Lingkungan Hidup hadir secara langsung dan melalui online dengan zoom meeting. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan, H. Nugroho Agus Prastowo, S.H., M.H., bersama Sekretaris DLH Hj. Ir. Tri Retno Indriati, MP. , Staf Penanganan Sampah Ari mulyanto dan perwakilan penggiat lingkungan dari Bank Sampah Pucang Berdaya serta perwakilan MA Sunniyah Selo penerima penghargaan Adiwiyata sebagai pelaksana terbaik 2 se- Jawa Tengah mengadiri acara tersebut secara langsung sedangkan secara online dihadiri oleh Noer Rochman, S.T., Sub Koordinator Penanganan Sampah, M. Kurniawan Arief Y, S.Hut., Sub Koordinator Pengurangan Sampah, bersama 5 orang Kader Lingkungan, 5 orang dari Penggiat Proklim dikoordinator oleh Riwan Triono Sub Koordinator Pencemaran Lingkungan dan 5 orang dari Sekolah Adiwiyata yang telah membagi komisinya :

1. Komisi I Pengurangan Sampah

2. Komisi II Penanganan Sampah

3. Komisi III Pengembangan Ilmu dan Teknologi dalam Pengelolaan Sampah

4. Komisi IV Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

5. Komisi V Regulasi dan Kebijakan pengelolaan Sampah

kongres sampah 3

Acara pertama yaitu Uji Emisi. Uji Emisi dilakukan pada kendaraan peserta, dilakukan pada tamu undangan untuk menguji tingkat pencemaran udara yang dihasilkan dari mesin kendaraan para peserta yang menghadiri kegiatan secara langsung setelah itu disusul dengan kegiatan pembagian sembako khusus pada masyarakat Desa Bugisan. Bersamaan dengan kegiatan tersebut dilakukan registrasi peserta hadir, diteruskan seremonial menyanyikan lagu Indonesia Raya pada pembukaan acara yang dibuka oleh Bapak Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sumarno, S.E., M.M. yang mewakili Gubernur Jawa Tengah berisikan apresiasi kegiatan dan dorongan pengelolaan sampah mandiri, dilanjutkan dengan Sambutan oleh Bupati Klaten, DLHK Provinsi Jawa Tengah sebagai panitia penyelenggara dan Kepala Desa Bugisan. Tidak sampai disitu, diselenggarakan pula Dialog Interaktif dan diskusi panel mengenai:

a. Strategi pengurangan sampah berbasis masyarakat dan penerapan energi EPR (Extended Producer Responbility) bagi produsen. EPR merupakan tanggung jawab produsen yang mengatur regulasi pengelolaan kemasan khususnya bagi kemasan yang tidak dapat di daur ulang. Regulasi ini ditetapkan melalui UU No.18 Tahun 2018 tentang pengelolaan sampah oleh Dirjen PSLB3.

b. Optimalisasi penanganan sampah oleh Direktorat Sanitasi Kementerian PUPR.

c. Penggunaan Teknologi Tepat Guna pengolahan sampah berwawasan lingkungan oleh Prof. Dr.

Ir. Enri Damanhuri (ITB)

d. Skema penggunaan dana Desa untuk pengolahan sampah oleh Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. 

 

kongres sampah 2

Berakhirnya Dialog interaktif tersebut dilanjutkan dengan sidang komisi sampah dan penyerahan penghargaan. Di bawah binaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan pada kesempatan kali ini Kabupaten Grobogan meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata pelaksana terbaik 2 Se- Jateng tingkat SMA/MA/SMK yang diraih oleh Sekolah MA Sunniyah Selo, Tawangharjo, Kabupaten Groobogan. Puncak acara yaitu Kongres Sampah ke II dilaksanakan pada hari Minggu, 26 Juni 2022. Deklarasi Kongres Sampah ke II di ikrarkan dan ditanda tangani pada hari tersebut. Penutupan Kegiatan pukul 12.00 WIB oleh DLHK Provinsi Jawa Tengah.

hasil