Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan

GROBOGANMasalah sampah kini hampir menjadi trending topic di setiap harinya. Tidak menutup kemungkingan di wilayah batas perdesaan. Salah satu Kelurahan di Kabupaten Grobogan, Kelurahan Kalongan, mengadakan sosialisasi sebagai upaya pemberdayaan sampah melalui program Bank Sampah. Nugroho Agus Prastowo, S.H, M.H., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan,

menjadi narasumber besama dengan M. Kurniawan Arief Y, S.Hut., Subkoordinator Pengurangan Sampah pada kegiatan Pelatihan Bank Sampah bebasis masyarakat yang diselenggarakan di Aula Kelurahan. (16/9) Permasalahanan sampah saat ini tidak hanya terjadi di Indonesia, bahkan di dunia permasalahan sampah ini menjadi sangat serius. Melalui program Bank Sampah, kita bisa sedikit membantu upaya pemerintah dalam mengurangi sampah. 

WhatsApp Image 2022 09 20 at 07.43.58 1

“ Untuk pengelolaan sampah menggunakan penerapan prinsip  reduce, reuse, recycle  dan replant (4R). Pengelolaan sampah terintegrasi diharapkan mampu menstimulasi kreativitas dan inovasi dari masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga “, ujar Kadin.Pemberdayaan warga melalui kegiatan penyuluhan, edukasi, pelatihan dengan metode partisipasi emansipatoris (interaksi dan komunikasi).

Adanya Bank Sampah diharapkan mampu memberikan manfaat kepada warga, terutama manfaat langsung yaitu dengan berkurangnya timbulan sampah di lingkungan sekitar Kelurahan Kalongan sehingga lingkungannya menjadi bersih dan asri. Selain itu, kedepannya diharap mampu memberikan manfaat ekonomis pula bagi warga Kalongan.(mn)