Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Grobogan

Pernyataan NASA ini dirasa cukup mengejutkan. Pasalnya, Bumi saat ini dirasa mulai tercemar dan kurang lahan hijau karena pembangunan kota yang meningkat pesat.

Makin meningkatnya kesadaran bahwa masalah iklim dan polusi adalah hal yang membunuh umat manusia. China dan India menjadi dua negara yang berinisiatif untuk mengurangi hal tersebut dengan melakukan penghijauan secara berkala.

Dalam jurnal yang diterbitkan Nature Sustainability, NASA menyebutkan jika Bumi yang lebih hijau ini berkat China dan India.

Nyatanya, China dan India bertanggung jawab atas penghijauan terbesar planet ini dalam dua dekade terakhir. Dua negara terpadat penduduk itu telah menerapkan program penanaman pohon yang ambisius dan meningkatkan implementasi dan teknologi mereka di bidang pertanian.

Dilansir dari Forbes, hasil penelitian ini ditemukan usai melakukan citra resolusi tinggi untuk memantau peningkatan penghijauan di Bumi.

Berdasarkan pantauan citra satelit, penghijauan terjadi secara tidak beraturan di China dan India. Namun, cukup berpengaruh untuk menyumbang lahan hijau di Bumi.

Peta Bumi kian hijau. (NASA)

India terus memecahkan rekor dunia dalam penanaman pohon, dengan 800.000 warganya menanam 50 juta pohon dalam 24 jam.

Temuan baru-baru ini oleh NASA dan diterbitkan dalam jurnal Nature Sustainability, membandingkan data satelit dari pertengahan 1990-an hingga saat ini menggunakan citra resolusi tinggi. Awalnya, para peneliti tidak yakin apa yang menyebabkan kenaikan signifikan dalam penghijauan di planet ini.

Tidak jelas apakah Bumi memanas, peningkatan karbon dioksida (CO2), atau iklim yang lebih basah yang menyebabkan lebih banyak tanaman tumbuh. 

Sayangnya, para ilmuwan dari NASA masih belum bisa memastikan penyebab Bumi menjadi lebih hijau jika dibandingkan dengan 20 tahun yang lalu, mengingat saat ini polusi dan iklim yang tidak menentu kadang menjadi penyebab penghijauan sering kali gagal.

Kabar baik dari NASA mengenai Bumi yang lebih hijau dari 20 tahun yang lalu ini jelas saja membuat terinspirasi negara mana pun untuk ikut dalam program China dan India ini ya.

Artikel ini telah dimuat liputan6.com pada 22 Agustus 2019  https://www.liputan6.com/global/read/4044318/temuan-terbaru-nasa-bumi-kini-lebih-hijau-dibanding-20-tahun-lalu# 

dan suara.com pada 23 Agustus 2019 https://www.suara.com/tekno/2019/08/23/175048/nasa-ungkap-bumi-hari-ini-lebih-hijau-dibanding-20-tahun-yang-lalu